Monday, December 3, 2012

Kiat Ibu Memiliki Bayi Sehat dan Cerdas

Kiat Ibu Memiliki Bayi Sehat dan Cerdas
“Air atap jatuhnya ke pelimbahan juga”, boleh jadi pepatah ini mengajarkan bahwa potensi kebaikan dan keburukan orangtua akan menurun pada anaknya. Jika yang menurun adalah hal-hal yang “berbau” kebaikan, perlu diucapkan rasa syukur. Namun jika si orang tua sadar bahwa ia punya banyak kekurangan, pastilah timbul rasa wa-was. Misalnya ucapan, ”Semoga anak saya pintar, tidak seperti saya.” Atau, ”semoga anak saya sehat, tidak seperti saya yang sakit-sakitan.”

Nah, ada kiat menarik untuk mengakali hal ini. Sederhana saja, seorang anak akan mengalami pertumbuhan cepat pada usia bayi dan balita. Perlu diketahui, pertumbuhan sel otak manusia berkembang sangat cepat pada usia bayi dan balita. Pertumbuhan sel otak akan berhenti dan mencapai taraf kesempurnaan pada usia empat hingga lima tahun. Masalahnya, ketidak sempurnaan pertumbuhan sel otak ini tidak akan bisa diperbaiki pada usia berikutnya.

Karenanya, untuk tumbuh kembang bayi dan balita dibutuhkan makanan yang cukup serta baik kualitas maupun kuantitasnya. Tentunya hal ini juga harus disesuaikan dengan takaran yang sesuai dengan umurnya.

Asupan gizi yang cukup tentunya dengan memperhatikan hal-hal di bawah ini:
  • Untuk menopang kondisi pertumbuhan yang sangat cepat pada bayi dan balita, diperlukan konsumsi protein dan zat pengatur seperti vitamin dan mineral.
  • Untuk menunjang aktivitasnya, bayi dan balita memerlukan konsumsi zat tenaga.
  • Untuk perkembangan mentalnya, terutama pertumbuhan sel otak, diperlukan lebih banyak konsumsi protein.
Pentingnya ASI

Menurut pakar Ilmu Gizi, ASI adalah makanan terbaik dan utama untuk bayi. Pasalnya, di dalam ASI terkandung anti-bodies yang diperlukan bayi untuk melawan penyakit-penyakit yang menyerangnya. ASI juga mengandung protein yang sangat baik untuk pertumbuhan.

“Harus diketahui, ASI mengandung kolostrum. Kolostrum ini keluar pada hari-hari pertama setelah bayi lahir. Warnanya kekuningan dan kental, mengandung banyak vitamin A dan zat kekebalan yang penting untuk bayi. Kolostrum bermanfaat untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit infeksi, terutama diare. Selain itu membantu pengeluaran mekonim, yaitu kotoran bayi pertama berwarna hitam kehijauan. Pula, ASI mempererat hubungan kasih sayang antara ibu dan bayi, mencegah obesitas dan mencegah timbulnya diabetes pada bayi atau anak-anak,”.

Beberapa keunggulan ASI:
  • ASI mengandung anti-bodies yang diperlukan bayi.
  • Lemak yang dikandung ASI lebih mudah dicerna daripada susu sapi.
  • Kandungan natriumnya lebih rendah.
  • ASI mengandung protein yang sangat baik untuk pertumbuhan.
  • ASI tidak mengandung alergan, sehingga tidak menimbulkan alergi.
Pada masa kehamilan, seorang Ibu yang bijak harus memperhatikan makanannya. Dibanding kebutuhan normal, selama hamil perlu tambahan kalori lebih kurang 300 kalori. Selain kalori diperlukan pula penambahan protein, kalsium, dan zat besi. Protein ditambahkan melalui porsi lauk pauk. Kalsium bisa diambil dari susu dan hasil olahannya, ikan teri, kacang-kacangan serta sayuran hijau. Sedangkan zat besi bisa diperoleh dari daging, hati kuning, telur, serta sayuran.

“Selain itu, setelah persalinan sang Ibu harus cukup istirahat dan menjaga ketenangan pikiran serta menghindarkan kelelahan fisik yang berlebihan. Hal ini dilakukan agar produksi ASI-nya tidak terhambat. Waktu dan lamanya menyusui juga tidak perlu dibatasi dan frekuensinya tidak perlu dijadwal. Kebutuhan bayi menyusui, biasanya delapan hingga sepuluh kali sehari, termasuk menyusui di malam hari,” .

Tetapi, adakalanya sang ibu tidak dapat menyusui sendiri bayinya, karena berbagai faktor. Misalnya, ASI tidak keluar. Dalam kondisi ini, mau tak mau ibu harus mencari pengganti ASI. Nah, untuk pengganti ASI pilihlah susu formula yang mempunyai kecukupan kalorinya. Dimana kalori tersebut berasal dari karohidrat, protein, dan lemak yang ketiganya ada dalam kandungan susu formula. Kandungan mineral juga penting diperhatikan, karena amat dibutuhkan dalam pembentukan struktur tubuh. Khususnya kalsium dan phospor bagi pembentukan tulang dan gigi.

Pemberian Pendamping Air Susu Ibu (PASI)

Selain pentingnya pemberian ASI, ada hal lain yang juga berperan dalam perkembangan kesehatan dan kecerdasan balita. Hal ini disebut Pendamping Air Susu Ibu atau PASI. Tujuan pemberian PASI ini adalah agar bayi dapat mengembangkan kemampuannya untuk menerima bermacam-macam makanan yang mengandung berbagai rasa dan tekstur. Juga dapat beradaptasi terhadap makanan yang mengandung kadar energi yang tinggi. Pemberian PASI dimulai dengan buah-buahan dan makanan lumat. Misalnya, bubur dan makanan lunak lainnya seperti, nasi tim saring dan nasi tim cincang.

Idealnya, PASI diberikan saat anak berusia empat bulan. Hal ini karena sebelum empat bulan pencernaan bayi belum sempurna. Jika bayi dipaksa mengkonsumsi PASI dibawah empat bulan, boleh jadi si bayi menjadi sakit. Hal ini terutama karena kekebalan bayi terhadap bakteri masih rendah. Sementara bakteri bisa mencemari makanan, alat, dan proses pengolahan.

Pemberian PASI sendiri harus efisien. Urutannya, bisa seperti pemberian buah-buahan, tepung-tepungan, sayuran dan terakhir daging. Sedangkan telur diberikan pada usia enam bulan. Cara memberikan makanan bayi juga mempengaruhi perkembangan emosionalnya. Oleh sebab itu jangan dipaksakan, sebaiknya diberikan saat lapar.

“Susu kental manis tidak dibenarkan diberikan pada bayi. Sementara nasi tim cincang diberikan pada bayi yang sudah punya gigi, seandainya pada usia sembilan bulan bayi sudah keluar gigi, berikan dulu nasi tim saring,”.

Sebaiknya sejak usia dini si kecil mulai diperkenalkan pada aneka jenis makanan. Bahkan sejak usia satu tahun si kecil perlu diperkenalkan pada makanan keluarga, yaitu makanan-makanan yang disiapkan untuk dikonsumsi seluruh anggota keluarga. Hanya saja cara pengolahannya saja berbeda, yaitu tidak menggunakan bumbu yang berbau tajam, dan tidak pedas. Yang penting jenis makanannya lunak, karena pencernaannya belum sempurna.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons