Wednesday, January 2, 2013

Lakukan Perawatan Sejak Dini, Agar Kulit Sehat dan Segar

Perawatan Kulit
Memiliki kulit nan mulus lagi segar adalah dambaan setiap wanita. Bukankah kecantikan seorang wanita bisa terpancar dari kondisi kulitnya. Namun, keadaan cuaca yang kerap berubah-ubah, ataupun ruangan tempat bekerja yang kurang “bersahabat” juga sering mempengaruhi kesehatan kulit wanita. Itu sebabnya, agar kulit tetap indah, bersih, dan segar, diperlukan perawatan ekstra sejak dini.

Untuk kesegaran kulit, yang paling diperlukan adalah air. Air merupakan medium untuk mengangkut dan membuang zat-zat sisa. Sumber air selain dari minum secara teratur, didapat juga dari sumber makanan segar yang banyak mengandung air. Anda juga dianjurkan makan makanan yang kaya akan serat alami, seperti sayuran dan buah-buahan segar. Hal itu perlu agar proses pembuangan (buang air besar dan kecil) lancar. Kelancaran proses pembuangan tentu sangat penting bagi kesehatan kulit.

Selain itu, diet seimbang diperlukan pula bagi kesehatan kulit. Semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh Anda untuk kesehatan yang optimal, juga diperlukan oleh kulit untuk menjaga keutuhan bentuknya. Zat gizi yang amat penting bagi kesehatan kulit, misalnya vitamin A, vitamin B-kompleks, vitamin C, vitamin E, dan mineral.

Di samping itu, olahraga berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan berolahraga secara teratur sesuai dengan kapasitasnya, tentu akan dapat merangsang sirkulasi, memperbaiki nutrisi sel, membantu menghilangkan stres, serta membuat tubuh segar.

Hindari Musuh Kulit

Agar struktur kulit tidak menjadi kering dan rusak, kulit mempunyai “musuh” yang harus dihindari. Sayangnya, kebanyakan wanita sering tidak memperdulikan, bahkan tidak mengerti akan hal ini. Sebenarnya ada banyak musuh kulit yang harus dihindari. Tapi, yang paling pokok adalah hindari pancaran langsung dari sinar matahari, khususnya pada siang hari, merokok atau perokok pasif, minum alkohol berlebihan, dan stress.

Sinar matahari dapat merusak serat elastin yang memberi kelenturan pada kulit. Demikian pula pada kolagen yang membentuk dan menunjang jaringan kulit. Pancaran sinar matahari secara langsung dan berlebihan mengakibatkan kulit menjadi lekas tua, lelah, dan dehidrasi.
Apabila Anda harus berada di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama, lindungi kulit Anda dengan memakai topi berdaun lebar, atau berteduh di bawah payung maupun pohon. Setidaknya, memakai krim anti sinar matahari. Kenakanlah kaus lengan panjang dan celana yang terbuat dari katun. Selain itu, hindari sinar matahari antara pukul 10 pagi sampai pukul 2 siang. Untuk melindungi kulit wajah, gunakan tabir surya yang sesuai.

Rokok atau merokok, juga membuat kulit cepat tua. Vitamin C di dalam tubuh dapat habis oleh zat benzopyrene yang ada di dalam asap rokok. Sehingga tidak dapat lagi menunjang kolagen yang sehat dan menimbulkan kerutan pada kulit, terutama di daerah wajah.

Minum Alkohol bisa merampok persediaan vitamin B untuk tubuh dan mengurangi cadangan vitamin C. Terlalu banyak alkohol berakibat buruk bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit Anda.

Stress dapat pula memicu berbagai kelainan di dalam tubuh, termasuk kulit. Eksim merupakan salah satu akibat stres terhadap kulit. Dengan meminimalkan stres, berarti Anda mencegah bintik dan bercak pada kulit yang tidak Anda inginkan.

Mandi, Pencegahan Pertama

Pencegahan pertama terhadap masalah kulit, adalah mandi secara teratur. Mandi dengan sabun menghilangkan lemak dan kotoran dari permukaan kulit. Tetapi, sabun yang digunakan jangan berlebihan, sebab dapat membuang minyak kulit alami. Sabun juga mengurangi pH atau keasaman alami, yang membantu melindungi kulit terhadap serangan bakteri. Apabila kulit Anda teriritasi oleh sabun yang Anda gunakan, mungkin harus diganti dengan sabun yang pH-nya seimbang, sehingga tidak mengubah pH kulit.

Untuk kulit wajah, krim dan susu pembersih membuang make-up dan kotoran lebih baik ketimbang sabun. Tetapi setelah menggunakan krim dan susu pembersih, jangan lupa membasuh kulit dengan air. Membersihkan wajah secara rutin dapat dilakukan dua kali sehari.

Perlahan namun pasti, sabun, peralatan make-up, bahan-bahan kimia serta AC (pendingin ruangan) akan menurunkan kadar lapisan minyak di dalam kulit. Oleh karena itu, sesudah membersihkan wajah dan tubuh, alangkah baiknya kalau Anda juga mengoleskan pelembab pada kulit Anda. Selain bermanfaat mempertahankan kelembaban kulit, Anda pun akan merasa lebih nyaman.

Bagi orang yang telah berumur atau yang memiliki kulit berjenis kering, dapat mengoleskan pelembab lebih dari satu kali sehari. Sedangkan pada orang yang jenis kulitnya cenderung berminyak dapat mengurangi frekuensi pengolesan pelembab.

Kulit yang sehat memang berperan penting dalam kesehatan tubuh. Maka, sebelum kulit menjadi kusam, layu, dan keriput, lakukanlah pencegahan dan perawatan untuk melindungi dan mempertahankan kesehatan kulit sekarang juga.

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons